TEKS PIDATO PENTINGNYA INTROSPEKSI DIRI


Nama                                    : Ditha Paramita Gunawan
Kelas / No. Absen            : X MIPA 3 / 08

TEKS PIDATO BAHASA INDONESIA – PENTINGNYA INTROSPEKSI DIRI
                Saya ucapkan selamat pagi kepada Bapak Agus Suprimanto, selaku guru Bahasa Indonesia yang saya hormati, serta teman-teman sekalian yang saya kasihi, salam sejahtera untuk kita semua. Kiranya terlebih dahulu kita semua panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia-Nyalah kita semua bisa berkumpul Bersama disini dengan diberikan penyertaan dan kesehatan, serta tanpa kekurangan suatu apapun.
                Saya, Ditha Paramita Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada bapak serta teman-teman sekalian karena sudah meluangkan waktu, serta memberikan saya kesempatan untuk berpidato dihari ini. Saya akan menyampaikan suatu hal, yaitu mengenai pentingnya introspeksi diri.
                Tentunya kata introspeksi diri sudah terdengar tidak asing ditelinga kita semua, karena biasanya introspeksi diri sering dikatakan oleh orang-orang yang ingin mengkritisi kita, menyarankan kita, ataupun memberikan suatu masukan kepada kita setelah kita melakukan sesuatu hal yang dinilai kurang optimal hasilnya. Introspeksi diri merupakan suatu kondisi dimana kita mengevaluasi diri untuk mengetahui suatu hal yang kurang di dalam diri kita agar kita bisa melakukan hal yang lebih baik dimasa depan.
                Mengapa introspeksi diri perlu dilakukan? Tentunya seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, agar kita semua menjadi lebih baik dan bisa mengevaluasi diri secara mendalam. Misalnya, ketika seorang siswa akan menjalani penilaian harian di esok harinya, dan ia sangat percaya akan kemampuannya dalam mengerjakan penilaian harian itu, lalu ia menganggap remeh dan berpikir ‘tidak usah belajar, saya sudah tahu cara mengerjakannya’ namun saat penilaian harian tersebut diujikan dan siswa tersebut tidak bisa mengerjakannya, ia sangat perlu melakukan introspeksi terhadap dirinya sendiri karena ia melakukan suatu hal dengan tidak maksimal. Itulah sebabnya penting dilakukan introspeksi bagi diri sendiri.
                Perlu diketahui, introspeksi diri harus dilakukan dengan jujur dan terbuka. Karena dengan kejujuran dan keterbukaan itulah kita bisa mengetahui kekurangan diri secara keseluruhan. Bila kita berpikir ‘tidak mungkin, saya tidak mungkin melakukan kesalahan’ namun hasil yang didapat tidak sesuai ekspektasi, sama saja kita berbohong dengan diri sendiri walaupun kita tahu ada yang salah dari hal itu. Namun jika kita berpikir sebaliknya ‘saya pasti melakukan kesalahan sampai hasilnya tidak maksimal’ pasti kita akan menemukan jawabannya karena kita memikirkannya secara jujur terhadap diri sendiri.
                Introspeksi diri tentunya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kita yang melaksanakannya, yaitu :
1.       Kita menjadi lebih bijaksana dalam mengatasi permasalahan dimasa depan.
Karena kita sudah terbiasa mengevaluasi diri kita, tentu kekurangan yang kita ketahui akan secara perlahan kita kikis dengan terus berlatih menguranginya sehingga bila mendapatkan permasalahan kedepannya, kita sudah mengetahui tindakan apa yang harus kita lakukan dengan meminimalisir terjadinya kesalahan yang akan terjadi.
2.       Tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukan.
Kita akan terbiasa menjadi orang yang berkepribadian positif karena mengevaluasi diri sendiri atas kesalahan yang dilakukan, maka kita akan berpikiran ‘sepertinya ada kesalahan, tadi saya berbuat apa ya sampai begini?’ dan tidaki sempat untuk menyalahkan orang lain.
3.       Menyadari kelemahan atau kekurangan diri.
4.       Sebagai alat untuk memperbaiki kesalahan.
5.       Memunculkan sikap optimis terhadap diri sendiri.
Cukup sekian pidato dari saya tentang pentingnya introspeksi diri. Saya berharap semoga apa yang sudah saya sampaikan tadi dapat bermanfaat untuk kita semua dalam menjalani hidup yang lebih baik. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan kepada hadirin sekalian. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

TEKS EKSPLANASI - ANGIN LESUS

MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI