PENTINGNYA INTROSPEKSI DIRI

Introspeksi diri merupakan hal yang harus dilakukan setiap manusia dalam menjalani hidup. Karena introspeksi diri dapat menjadikan kita merefleksikan sesuatu yang pernah kita perbuat, namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan target ataupun ekspektasi. Hal itu juga membuat kita mengetahui kesalahan atau kekurangan apa yang terjadi ketika kita melakukan suatu hal sehingga kita dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dimasa mendatang.

Perlu diketahui, introspeksi diri haruslah dilakukan dengan jujur dan terbuka. Mengapa? Karena dengan kejujuran dan keterbukaan itulah yang dapat membuat kita mengetahui kekurangan diri, seperti misalnya saat seorang siswa mengetahui bahwa akan diadakan penilaian harian, dia menganggap bahwa pelajaran yang akan diujikan itu mudah, lebih tepatnya dia menganggap remeh. Lalu pada hari H, dia tidak bisa mengerjakan penilaian harian itu. Pada kondisi seperti ini, siswa tersebut haruslah mengintrokspeksi dirinya sendiri karena dia tidak mengerahkan seluruh kemampuannya.

Introspeksi diri memiliki beberapa manfaat yang tentunya berguna bagi kita semua, yaitu :

  1. Bersikap lebih bijaksana dalam mengatasi permasalahan dimasa depan.
  2. Tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukan.
  3. Menyadari kelemahan atau kekurangan diri.
  4. Sebagai alat untuk memperbaiki kesalahan.
  5. Memunculkan sikap optimis terhadap diri sendiri. 
Jadi, kesimpulan yang dapat diambil adalah introspeksi diri merupakan hal yang penting dan seharusnya dilakukan oleh semua orang. Semua orang pasti memiliki kesalahan yang pernah dilakukan, maka dari itu marilah kita memulai introspeksi terhadap diri sendiri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dimasa depan. 

Penulis : Ditha Paramita Gunawan
Penyunting : Risma Diana H.S.

Comments

Popular posts from this blog

TEKS PIDATO PENTINGNYA INTROSPEKSI DIRI

TEKS EKSPLANASI - ANGIN LESUS

MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI