MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Laporan hasil observasi merupakan hasil akhir dari proses observasi yang telah Anda lakukan. Laporan tersebut berasal dari pengamatan Anda (dimulai dengan penentuan objek yang akan diamati) terhadap suatu hal. Sedangkan teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisikan tentang informasi mengenai hal-hal hasil pengamatan (observasi).

Tujuan teks laporan hasil observasi ialah untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang informasi atau fakta terhadap suatu hal yang sudah terbukti secara ilmiah. selain itu, ada beberapa tujuan lain dari pembuatan teks laporan hasil observasi, yaitu :
  • Mengatasi suatu persoalan.
  • Mengetahui perkembangan suatu masalah.
  • Menguji suatu hipotesa.
Teks laporan hasil observasi memiliki fungsi tertentu, yaitu untuk melaporkan tanggung jawab dari sebuah tugas dan kegiatan pengamatan, sebagai alat untuk analisis suatu kegiatan tertentu, serta sumber informasi akurat yang disusun berdasarkan fakta.

Ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, antara lain :
  • Kalimat Pasif
         contoh : Indonesia merupakan wilayah di dunia yang mempunyai beragam jenis flora langka                             yang hanya ditemukan di wilayah Nusantara. 
          Kalimat pasif ditandai oleh predikat yang berawalan di- dan ter-. 
          Dengan demikian, kata "ditemukan" menjadi bukti bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat            pasif.
  • Kalimat Definisi
          contoh : Rafflesia adalah salah satu tumbuhan parasit tropis yang termasuk ke dalam                                          suku Rafflesiaciae.
          Kalimat tersebut merupakan kalimat definisi yang berisi pengertian atau penjelasan mengenai suatu hak.laoran hasil observasi, kalimat definisi mengacu paca informasi, konsep, atau istilah ilmiah. Kalimat definisi ditandai dengan kata adalah atau ialah. 
  •  Kata "adalah" dan "merupakan"
          contoh : 1). Salah satu tempat yang menjadi tempat rekreasi favorit warga Cilacap adalah                                       alun-alun yang berlokasi di pusat kota.
                        2). Rafflesia arnoldii merupakan tumbuhyan parasit obligat yang terkenal karena                                       memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di                                       dunia.
  • Penulisan Istilah Latin
           contoh : Taman Nasional Kerinci Serbat merupakan daerah konservasi utama spesies Rafflesia                           arnoldii.
           Istilah Latin ditulis menggunakan huruf kapital pada awal kata pertama dan huruf kecil pada               kata kedua.
  • Kata Sifat
          contoh : Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan flora langka yang tumbuh dfi                              negri ini.
          Kata yang digunakan dalam kalimat tersebut menerangkan sifat, keadaan, watak dari orang,                binatang, atau benda.

          Ciri-ciri kata sifat adalah sebagai berikut :
  1. Dapat ditambah keterangan pembanding, seperti lebih, paling, atau kurang.
  2. Dapat ditambah keterangan penguat, seperti sangat, sekali, terlalu, dll.
  3. Dapat diingkari dengan kata tidak.
  4. Dapat diperluas artinya dengan pembentukan kata "se + (reduplikasi) + nya". 
  • Kata Umum dan Kata Khusus

Tahapan menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi :
  1. Menentukan isi pokok.
  2. Merangkum isi.
  3. Menyimpulkan isi.

Comments

Popular posts from this blog

TEKS PIDATO PENTINGNYA INTROSPEKSI DIRI

TEKS EKSPLANASI - ANGIN LESUS